Minggu, 29 Januari 2017

Ayam Bakar Madu, Paling Enak Dimakan Saat Musim Hujan

Sukaboga – Tak terasa di tahun 2017 ini kita sudah menjalani hari demi hari dengan berbagai cerita yang beragam dan tak terasa juga kita sudah ada di penghujung bulan Januari, di mana pada bulan ini cuaca selalu hujan di siang ataupun malam hari yang tentunya membuat dingin saat kita berada di dalam dan di luar rumah. 

Rasanya, kalau cuaca dingin seperti ini kadang membuat kita sebagai penikmat kuliner selalu ingin makan-makanan yang hangat dan tentunya ditemani minuman yang hangat juga seperti teh tawar hangat atau susu jahe. Kali ini sukaboga akan memberikan resep masakan yang sangat cocok disantap ketikan cuaca dingin, yaitu Ayam Bakar Madu yang mantap nan lezat untuk Anda pembaca setia sukaboga. Berikut adalah resepnya:

Untuk 5 porsi

Bahan:
1 ekor ayam pejantan, dipotong-potong 10 bagian
3 lembar daun jeruk, disobek-sobek
2 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah
100 ml madu sebagai bumbu olesan
750 ml santan dari 1 butir kelapa
Minyak untuk menumis


Bumbu halus:
6 buah cabai merah besar 
5 buah cabai merah keriting
2 buah cabai rawit
10 butir bawang merah
3 butir kemiri
5 cm kencur

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Masukkan ayam dan aduk sampai berubah warna.
2. Tambahhkan garam, gula merah, dan santan sambil diaduk. Masak hingga matang dan meresap.
3. Untuk teknik membakarnya ada 2 pilihan. Pertama, bisa dimasukkan ke dalam oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celsius selama 20 menit. Kedua, dipanggang di atas kompor atau bara api dengan menggunakan penjepit untuk memanggang. Lalu panggang sampai berwarna kecokelatan dan tunggu sampai tekstur pada kulit ayam terlihat matang.

Nah, itu dia resep Ayam Bakar Madu yang sangat cocok disantap ketikan cuaca dingin seperti ini. Jangan lupa nasi serta minuman hangatnya ya. Tetap sehat dan jaga selalu pola makan Anda, karena di musim seperti ini rentan sekali terserang penyakit jika kita tidak menjaga pola makan dan gaya hidup kita. 
Ayam Bakar Madu, Paling Enak Dimakan Saat Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fajar

 

Top