Selasa, 24 Januari 2017

Makan Pizza Yuk!

Sukaboga - Pizza adalah roti pipih orang Italia. Pada umumnya pizza berbentuk bulat, proses memasknya dengan cara dipanggang di oven/mesin pemanas atau bisa juga di tungku perapian. Pizza adalah makanan asli Italia yang digemari oleh setiap orang. Pizza dapat kita temukan di berbagai negara manapun karena kelezatan dan keistimewaanya. 

Di Indonesia pun makanan ini menjadi hidangan atau kuliner favorit semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa semua suka. Pizza dapat dimakan di waktu kapanpun dan di manapun karena sifatnya yang praktis, tidak berkuah, dan mudah dibawa ke mana saja.

Sumber: http://dapursalafiyyah.blogspot.co.id/
Dijadikan menu sarapan, makan siang, cemilan sore atau bahkan untuk makan malam pun pizza bisa jadi salah satu pilihan tepat Anda untuk mengisi perut. Teksturnya yang padat dan kering serta permainan saus dan toping, rasa keju yang dominan membuat pizza jadi terasa lebih nikmat.
Dan kali ini, sukaboga akan memberikan salah satu resep pizza yang nikmat, yaitu Pizza Ayam Lada Hitam sangat cocok untuk bekal sekolah anak Anda, cemilan untuk menonton film, atau apapun. 

Pizza Ayam Lada Hitam
Untuk 12 potong

Bahan:
250 gram tepung terigu protein tinggi
1 sendok teh ragi instan
1 sendok makan gula tepung
175 ml air es
50 gram margarin
½ sendok teh garam
100 gram keju cepat leleh, diparut
½ sendok teh oragano, untuk taburan

Baca juga: Bikin Pizza ala Restoran

Bahan Topping:
3 siung bawang putih, dicincang halus
½ buah bawang bombay, diiris panjang
6 buah cabai hijau besar, dibuang biji, dipotong 1x5 cm
3 buah paha ayam atas bawah, dibuang tulangnya, dipotong kotak
3 sendok makan saus tiram 
1 ½ sendok makan kecap manis
1 ½ sendok teh merica hitam kasar
200 ml air
1 sendok teh tepung maizena yang dilarutkan di dalam sendok teh air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
1. Toping, panaskan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan cabai hijau. Aduk sampai setengah layu. Angkat sebagian. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Masukkan saus tiram dan kecap manis. Aduk sebentar. Bubuhi merica hitam kasar. Aduk rata. Tuang air. Aduk sampai meresap. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup. Sisihkan.
2. Pizza, aduk rata tepung terigu, ragi, dan gla. Masukka air sedikit-sedikit. Uleni sampai hampir elastis. Masukka margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan selama 10 menit.
3. Kempiskan adonan. Bagi menjadi 3 bagian (165 gram). Bentuk bulat. Diamkan selama 25 menit.
4.Pipihkan adonan. Giling membentuk lingkaran berdiameter 22 cm. Tusuk-tusuk dengan garpu. Diamkan selama 30 menit.
5. Oven dengan api bawah suhu 170 derajar Celsius. 10 menit sampai setengah matang. Keluarkan. Oleskan bahan toping. Taburkan tumisan bawang dan cabai hijau. Beri keju parut. Oven kembali dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius selama 5 menit sampai keju meleleh.


Makan Pizza Yuk! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fajar

 

Top