Minggu, 22 Januari 2017

Resep Chicken Cordon Bleu

Banyak orang salah kaprah menganggap chicken cordon bleu punya kaitan erat dengan sekolah kuliner bergengsi, “cordon Bleu”. Faktanya tak ada kaitan sama sekali antar chicken cordon bleu dan sekolah kuliner tersebut. Chicken cordon bleu bukan hidangan tua. Hidangan ini baru ada tahun 19-an. Tetapi hindangan ini termasuk hidangan mewah yang dianggap keren. Karena itu itu diberai nama  “cordon bleu” yang berarti pita biru. Pita biru ini biasa diberika untuk dijadikan ikan pinggang oleh para kesatria. Pita biru ini juga yang menjadi julukan bagi kuliner yang punya nilai tinggi ini.

Sumber: www.recipetineats.com
Chicken cordon bleu adalah dada ayam tanpa tulang yang diberi lubang atau malah dilebarkan lalu diisi ham atau smoked beef dan keju. Kemudian dipanir dan digoreng. Disajikan bersama saus. Hidangan cordon bleu juga tak melulu soal ayam. Orang Swiss membuatnya dari daging sapi. Namanya schitzel cordon bleu. Orang Spanyol juga membuat hal yang sama dari daging sapi muda. Namanya cachopo.
Chicken Cordon Bleu
Untuk 4 porsi

Bahan:
1 buah dada ayam fillet
½ sendok teh air jeruk nipis
¼ sendok teh garam
¼ sendok teh merica bubuk
Minyak untuk menggoreng

Bahan isi:
1 lembar smoked beef, dipotong menjadi 4 bagian
1 keju lembaran, dipotong 4

Bahan pelapis:
100 gram putih telur, dikocok lepas
100 gram tepung panir kasar putih

Bahan pelengkap:
Saus mayonaise

Cara membuat:
1. Belah dada ayam fillet menjadi dua bagian. Lubangi bagian atas terus sampai ke bagian dalam hingga membentuk kantung. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Diamkan selama 20 menit di dalam lemari es.
2. Isi tengahnya dengan smoked beef dan keju lembaran.
3. Celup ke putih telur. Gulingkan di atas tepung panir kasar putih.

4. Goreng di dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang. Sajikan dengan pelengkapnya yaitu tomat, saus sambal, dan kentang goreng.
Resep Chicken Cordon Bleu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fajar

 

Top